Rabu, 30 September 2020

Mengembangkan Diri Dengan Bekerjasama

                                            Mengembangkan Diri Dengan Bekerjasama

Selamat pagi anak - anak kelas 4 yang baik hati. Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan sehat.Hari ini kita akan belajar tentang "Mengembangkan Diri Dengan Bekerjasama".Untuk Pelajaran agama hari ini:

1. Membaca Kitab Suci , silahkan klik link ini : https://www.imankatolik.or.id/alkitab.php?k=1kor&b=12&a1=14&a2=26

2 Menonton Video, silahkan klik link ini : https://www.youtube.com/watch?v=dMk1UYe0968

3. Catatan, dapat dicatat di buku catatan atau di copy paste lalu diprint, atau link web hari ini bisa diarsipkan supaya suatu saat dapat dibuka kembali

a. Manusia adalah makhluk sosial, berteman satu dengan yang lain. Karena itu seorang anak manusia tidak bisa hidup sendirian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Tanpa petani, nelayan tidak bisa memperoleh beras, jagung, dll. Sebaliknya tanpa nelayan, petani tak dapat memperoleh ikan, garam, dll untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. 

b. Kedua-duanya memiliki peran yang sangat penting untuk membangun hidup yang lebih sehat dan kuat. Kerja sama antar kita merupakan sebuah keharusan dalam hidup karena setiap kita memiliki keunikan termasuk dalam hal pekerjaan. 

c. Selain petani dan nelayan, masih ada profesi lain yang juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kita, seperti tukang untuk membangun rumah kita, sopir untuk mengantar kita ke tempat kita sekolah atau bepergian, guru untuk mengajar dan mendidik kita agar menjadi pandai, dan lain-lain.

d.  Kisah tentang satu tubuh, banyak anggota. Setiap anggota tubuh adalah satu kesatuan, tak bisa lepas dari yang lain. Setiap anggota saling menghormati, saling menghargai bahkan saling memuliakan.

e. Agar tidak terjadi perpecahan antar-anggota maka setiap anggota saling memperhatikan. Apabila semua anggota harmonis, bersatu penuh persaudaraan maka, apabila ada satu yang sakit, maka yang lain ikut merasakannya. Karena itulah perlu kerja sama yang baik antarsemua anggota untuk membangun hidup yang lebih baik. Dan dalam kerja sama itu, setiap pribadi akan semakin berkembang menjadi manusia seutuhnya sebagaimana yang dikehendaki Tuhan.

4. Latihan dapat dikerjakan di buku latihan lalu difoto dan dikirimkan ke wa : 085735774228

a. Apakah anggota tubuh kita itu dapat berdiri sendiri? Mengapa?

b.  Bagaimana sikap kita untuk mencegah terjadinya perpecahan?

c. Tuliskan sikap yang perlu dikembangkan dalam melakukan kerjasama!

d. Tuliskan bagaimana kebiasaanmu bekerjasama dengan teman-temanmu!


                                                            Selamat Belajar Tuhan Memberkati.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar